Minggu, 03 Maret 2013

Info Franchise Business Concept Expo

Hari sabtu 2 Maret 2013, Saya bersama beberapa kawan mengunjungi Pameran Franchise di Balai Kartini, Jakarta Selatan. Menuju loket dan membayar Rp 35.000,- untuk satu orang sekali masuk. mmm tergolong lumayan mahal, mengingat dulu ketika kuliah di Jogja, menghadiri pameran, tidak bayar semahal ini, hehe.

Ada banyak perusahaan besar atau skala UKM yang menawarkan konsep usaha nya untuk di franchise kan. Dari mulai 1juta sampai 500 juta juga ada. Dari perusahaan minimarket sampai printing sablon juga tersedia. Ada beberapa perusahaan yang menawarkan franchise dengan sistem pengelolaan penuh oleh mereka dimana kita tinggal terima hasil, lantas kalau seperti itu, apa MAKNA dari sebuah bisnis jika kita hanya terima bersih? Lalu ada juga hal yang menggelitik dimana setiap Perusahaan memperlihatkan hitungan untung rugi, kembali modal dan keuntungan dari rancangan mereka. Waduw, hebat sekali ya, bisa mengetahui kondisi keuangan dan keadaan pasar di masa mendatang, bukan kah selera orang akan sebuah produk pasti berubah-ubah?

Lantas jikalau hitungan nya amat mudah seperti itu dan DIJAMIN UNTUNG, mengapa mereka para pengembang franchise tidak meminjam uang saja ke bank dan mengelola bisnisnya sendiri ya? kan mereka yang bilang PASTI UNTUNG dan bisa menargetkan sendiri kapan BREAK EVENT POINT nya, haha

Perusahaan yang jelas memegang pasar seperti Hoka-Hoka Bento & Pizza Hut saja setau saya tidak melakukan franschise karena mereka yakin akan potensi usaha mereka sehingga peluang tersebut mereka garap sendiri.

Untuk para pemula yang ingin memulai bisnis, lebih baik kelola bisnis mu sendiri aja, jangan mudah tergiur hitungan untung praktis yang di tawarkan para pemilik franchise terlebih itu bisnis industri makanan dan minuman, dimana pasarnya pasti menurun seiring sudah hilang penasaran dari lidah sang pembeli.

Saya tidak membenci atau sentimen dengan franchise, namun saya hanya menghimbau lebih teliti dan bijak lagi memilih jenis franchise yang akan dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar