Sabtu, 23 Maret 2013

Jalur Busway = Jalan Tol Instant

Hari Jumat minggu lalu saya melakukan perjalanan menggunakan bis umum, dari cawang Carefour menuju Trans Tv, setelah saya naik, bis umum tersebut melintas di jalur busway karena jalanan utama MT Haryono macet menuju Pancoran. Dalam hati saya berani sekali supir ini, pada hari dan jam kerja menyerobot jalur busway dimana di kolong pancoran terkenal dengan polisi nya yang tegas.

Menjelang lampu merah bis tersebut tetap pada jalur busway dan supir tampak tertawa santai dengan kondektur, tanpa takut sedikitpun akan ditilang petugas. Waktu menunjukkan pukul 10.30 WIB dan menjelang lampu merah supir mengurangi kecepatan dan kondektur memberikan uang kepada tukang koran, aneh karena jarang sekali saya jumpai supir membeli koran di siang hari, biasanya mereka selalu membeli koran di pagi hari sama hal nya seperti kita. Tukang koran yang berdiri tepat di separator busway tersebut langsung mengantongi uang 10.000 tanpa dilihat terlebih dahulu, seakan kejadian yang sudah biasa terjadi.

Saya penasaran akan pemberian uang tersebut mengingat setelah memberikan uang, kondektur tidak menerima koran. Alhasil saya bertanya dengan kondektur, uang apakah itu? dan mereka cengengesan menjawab, itu uang amal hari Jumat kepada aparat mengingat nanti siang mereka tidak sholat Jumat, begitu kelakarnya. Setelah melewati lampu merah, saya melihat ada petugas yang bersembunyi di balik pepohonan dan kesimpulan saya uang itu untuk membayar TOL PENDEK khas Jalur Busway, hehe. Kreatif namun tetap harus dibenahi aparat nya, sehingga busway makin nyaman digunakan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar